Jumat, 13 Februari 2009

Mercy Ceper Celup

Ceper”, adalah salah satu aliran modifikasi mobil yg cukup banyak peminatnya di Indonesia dan di dunia. Prinsip dari aliran ceper ini adalah memperkecil angka “ground clearance” (jarak antara mobil dengan aspal). Dengan slogan “semakin rendah, semakin keren/gaul”, aliran modifikasi ini tidak pernah kekurangan peminat. Ada dua kepentingan yang dilakukan dengan style mobil ceper ini, yaitu untuk stabilitas dan untuk gaya.

Tapi menerapkan modifikasi seperti ini tidak dapat sembarangan dilakukan, karena salah-salah bisa menghilangkan kenyamanan atau bahkan faktor keselamatan juga bisa saja tergeser. Disamping kerugian yang lain seperti rusaknya bagian bawah mobil akibat bergesekan dengan polisi tidur, sulitnya proses spooring roda, berkurangnya kemampuan rem, dll.

Modifikasi jenis ini juga dikenal di belahan dunia lain, dengan nama “Low Rider”. Asal muasal aliran ini adalah dari warga America keturunan Mexico, yang biasa disebut sebagai “Chicano”. Mereka menunjukkan identitas dirinya melalui kendaraan yang telah dimodifikasi ala Low Rider ini, dengan motto “Low and Slow” atau dalam istilah merekan disebut “Rajito y Suavecito”. Penggemar aliran ini juga cukup solid, mereka mempunyai tempat berkumpul khusus, mempunyai majalah khusus, bahkan setiap tahunnya mampu mengadakan pameran khusus kendaraan Low Rider, lengkap dengan kemeriahannya seperti pesta barbeque, pesta bikini, dll.

Ada beberapa macam cara agar kaki-kaki mobil bisa terlihat lebih ceper.

Potong per. Ini merupakan alternatif yg paling murah, dan masih dapat mempertahankan kenyamanan karena gaya pegas (rebound) masih dapat dipertahankan walaupun ketinggiannya sudah berubah.

Pres Per. Melakukan pres pada per adalah alternatife kedua untuk menekan biaya. Prosesnya, pres per mobil dilakukan dengan cara dipanaskan kemudian dengan menggunakan alat khusus, per tersebut dapat diatur panjangnya. Efek negatip dari proses pres ini, biasanya per akan menjadi lebih keras gaya pegasnya (Rebound), hal ini dikarenakan jarak ulir per yang semakin rapat. Dan proses ini sebenarnya tidak direkomendasikan, karena struktur kekuatan besi pada per akan berubah akibat pemanasan serta mengurangi kekuatan per tersebut, sehingga akan menjadi lebih getas dan mudah patah

Lowering Kit. Adalah unit suspensi yang dibuat oleh pabrik yg telah disesuaikan dengan karakter mobil yang akan diceperkan. Namun tidak semua jenis mobil dengan mudah mendapatkan suspensi lowering kit yang cocok,sehingga hanya mobil-mobil tertentu yg bisa memakai cara ini. Selain itu harga dari lowering kit ini cukup mahal,walaupun sebenarnya sebanding dengan kenyamanan yang hampir tidak berubah akibat proses penceperan ini.


Air suspension. Menggunakan tabung dengan tekanan udara,cara ini mempunyai kelebihan karena ketinggian bisa diatur sesuai keinginan, sehingga sangat fleksibel untuk segala jenis kondisi jalan. Akan tetapi, peralatan untuk system ini sangat mahal, oleh sebab itu cara ini sebagian besar dipakai untuk keperluan kontes saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar